Sunday, May 17, 2015

LTE RF Measurement

Pengukuran Radio Frequency (RF) pada LTE ditentukan oleh 3GPP yaitu RSRP (Reference Signal Received Power) dan RSRQ (Reference Signal Received Quality). RSRP adalah power rata-rata pada resource element yang membawa reference signal dalam subcarrier. UE (User Equipment) mengukur power dari banyak resource element yang digunakan untuk membawa reference signal kemudian dihitung rata-rata-nya dalam satu bandwidth. Berikut adalah ilustrasi tentang RSRP:


Gambar 1. RSRP pada Bandwidth 5 Mhz


Dari ganbar diatas, rata-rata power yang dikirimkan per-subcarrier adalah 20 W / 300 = 66.7 mW = 18.2 dBm. Jika jarak UE dengan eNode B sekitar 2 km, maka RSRP yang diterima oleh UE adalah seperti yg di ilustrasikan pada gambar berikut:


Gambar 2. Perhitungan RSRP


RSRQ didefinisikan sebagai rasio antara jumlah N RSRP terhadap RSSI (Received Signal Strength Indication). Atau biasa ditulis RSRQ = N x RSRP / RSSI. RSSI mengukur power bandwidth termasuk serving cell power, noise, dan interference power. Berikut ilustrasinya untuk mempermudah pemahaman:



Gambar 3. Konsep RSRQ


Ambil contoh jika tidak ada trafik pada cell A yang sedang serving ke UE, maka perhitungan RSRQ-nya adalah : N x RSRP / RSSI = 25 RSRP / 2 x 25 RSRP = 1/2 = -3 dB. N adalah jumlah resource block pada badwidth, utk contoh ini menggunakan 5 MHz sehingga jumlah resource blocknya 25. Sedangkan dalam kondisi tidak ada traffic hanya ada 2 reference simbol saja yang ditransmisikan. Untuk lebih jelasnya berikut ilustrasinya:


Gambar 4. RSRQ saat tidak ada trafik


Berikut contoh jika ada trafik di cell A, maka perhitungan RSRQ-nya adalah: N x RSRP / RSSI = 25 RSRP / 300 RSRP = -10.8 dB.


Gambar 4. RSRQ saat ada trafik

7 comments:

  1. Mas .. maaf mau tanya..
    Dengan Reference signal 18.2dBm di eNodeB parameter, saya punya case Low speed di jarak 200m dari eNodeB.. coverage aman gak ada blocking/obstacle atau shadowing dari gedung.
    ada info tuk solusinya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman yg sama yg pernah saya alami mas Angga, RSCP yg didapat -95 sd -100 dBm, dengan SINR sekitar 10 sd 15 dB. Kalau dari perhitungan teori mestinya masih so so, tapi karena obstaclenya lumayan rapat sehingga membuat tinggi lossnya, imbasnya speednya jadi kurang memuaskan. Sudah dicoba tilting antena tapi hasilnya belum banyak membantu. Akhirnya untuk solusinya menggunakan repeater 4G. Cukup membantu, RSRP bisa improve sampai -70 an, dg SINR 15 sd 20. Ujung-ujungnya speed bisa improve.
      Demikian, trimakasih

      Delete
  2. Makasih share ilmunya, saya merasa tertolong sekali...

    ReplyDelete
  3. Makasih share ilmunya, saya merasa tertolong sekali...

    ReplyDelete
  4. Mas mau tanya,
    Saya punya kasus. LTE TDD. RSRP -110 dan SINR 11. DL througput mencapai 16 Mbps. Yg problem UL througput cuma dapat 0.06 Mbps.
    Apa penyebabnya mas?

    ReplyDelete
  5. RSRQ-nya adalah : N x RSRP / RSSI = 25 RSRP / 2 x 25 RSRP = 1/2 = -3 dB
    mas itu dari 1/2 kor tiba2 jadi -3dB ya ?
    mohon pencerahan lg

    ReplyDelete
  6. terimakasih pak, sangat membantu ilmunya. saya ingin bertanya pak, bagaimana cara melihat gain dari ponsel kita sendiri agar bisa menghitung nilai RSRP pak? mohon pencerahannya pak. saya sedang tugas akhir dan mengangkat judul mengenai analisa performansi 4G LTE menggunakan parameter RSRP, RSRQ, SINR dan Throughput pak. terimakasih sebelumnya pak

    ReplyDelete